So…..akhirnya nonton jg, Attack of Titan. Dulu nonton 1 eps aja, tp terlalu brutal. Sadis. Jadi gak lanjut😂.

epic. Alur, musik, feeling, semuanya epic. Terutama musiknya. Sound effect. Serasa nonton di bioskop.

Eps awal nonton ini, aq merasa anime ini gambarin perilaku manusia, yg relatable sm dunia nyata, kalo berhadapan sm rasa takut/masalah. Ada yg berusaha sampai akhir, ada yg melarikan diri, ada yg bunuh diri duluan, ada yg mati dimakan titan padahal udah usaha. Bukan salah dia jg, kalo akhirnya tetep mati. Yang penting gak ada penyesalan walaupun mati. Dan rasa takut di anime ini, terasa banget. Bagi q terkesan sadis, tapi itu daya tariknya. Apalagi backsound klo titan muncul, musiknya dramatis.

Di anime ini, ybikin salut, karakter yg mentalnya kuat. Yg tetep mencoba, yg bisa mikir strategi walaupun nyawa terancam, yg bisa kerjasama.

Scene yg berkesan bagi q, di gambar itu. Eren, si karakter utama, merasa nggak bisa atau gak tau bisa/gak. Tp dia mau mencoba. Selama ini aq gak akan coba sesuatu yg aq gak yakin gak bisa. Kadang lupa kalo bisa atau nggak, itu gak penting. Yg penting dicoba dulu. Jd kayak otak ini udah mikir negatifnya aj sebelum coba. Makanya aq iri sama orang2 yg tekadnya kuat.

Trus yg menarik jg, di ep 9 atau 10, si karakter utama, Eren, bisa berubah jd titan, yg biasanya makan manusia. Jd bikin orang2 sekitar panik, dan mau bunuh dia. Padahal dia nggak bermaksud jahat, malah pas jadi titan, bisa selamatkan temen2nya. Dan semua orang lihat kejadian itu.

Relatable nggak si di dunia nyata, soal generalisir dan menilai penampakan dari luar. Kalo kelihatan orang tatoan, muka serem, identik dgn orang jahat. Orang pakai baju clana cingkrang jenggotan tebel mungkin teroris, orang yahudi itu pasti jahat sama orang Islam. Ini cuma pemikiran sempit q aj tentang stereotype di dunia nyata.

Jadi inget dulu waktu aq sekolah, pernah ada tauziah dari kakak kelas, katanya orang Palestina kalo bunuh orang Yahudi itu gpp, gak dosa. Tapi kan aq nangkapnya beda, pikir q kalo bunuh orang yahudi itu gak dosa. Kan salah kalo gitu. Orang Palestina sebenernya membela diri. Bukan bermaksud bunuh tanpa alasan. Lucunya bbrapa tahun kemudian, aq nonton video di youtube, kalo penduduk sipil Palestina dan Israel itu kerja bareng dan hidup berdampingan, rukun. Kalo itu video aq tunjukin kakak kelas yg kasih tauziah, komen apa y dia……

Akhir2 ini aq cuma nonton anime, mudah2an bisa tamat nonton Attack of Titan, secara seasonnya banyak banget. Mau dengerin ostnya jg.

Nonton anime menarik y gara2 bisa bikin aq mikir. Hal2 yg aq nggak pernah mikir sebelumnya, jadi tau. Taunya dari anime, bukan dunia nyata😂

Tinggalkan komentar